Pengalaman Ikut Selapanan di RT 01 RW 05 Dukuh Weron Desa Tegalharjo Pati - Pasar Online-e Wong Tegalharjo | Pasardesaku
Artikel Info off@Info
Pengalaman Ikut Selapanan di RT 01 RW 05 Dukuh Weron Desa Tegalharjo Pati

Pengalaman Ikut Selapanan di RT 01 RW 05 Dukuh Weron Desa Tegalharjo Pati

Artikel Info off@Info
Pejelasan singkat:
Pengalaman Ikut Selapanan di RT 01 RW 05 Dukuh Weron Desa Tegalharjo Pati

Deskripsi Produk dan Jasa

 



Pasardesaku.com - Lewat postingan kali ini saya akan mengisahkan Pengalaman saya Ikut Selapanan di RT 01 RW 05 Dukuh Weron Desa Tegalharjo Pati Jawa Tengah. Selapanan bisa juga disebut dengan rapat RT sesuai namanya di adakan setiap selapan hari atau 35 hari sekali.

Untuk tempat bergantian di rumah warga dipilih dengan cara dikocok layaknya arisan. Agenda selapanan dibawakan pembaca acara, dimulai dengan sambutan tuan rumah, tahlilan, laporan keuangan oleh bendahara RT dan sambutan serta informasi berbagai program desa dari Ketua RT. 

Sesi berikutnya ngobrol santai, diskusi dan jika ada usulan suatu program akan dimusyawarahkan bersama dengan warga. Tuan rumah biasanya menyajikan snack dan minuman, namun di beberapa warga yang lumayan mampu kadang kala juga disajikan makan besar, dari nasi, lontong, mie rebus atau bakso.





Selapanan jadi kegiatan rutin bagi warga terutama para kepala keluarga untuk silaturahim dan menjalin kerukunan karena dalam sebulan kadang tidak sempat berkumpul satu sama lain secara bersama seperti itu dengan kesibukan masing-masing.

Hal lain dalam selapanan juga ada uang kas dan arisan, besaran disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan bersama antar warga. Uang kas ini nantinya akan digunakan sebagian untuk dana sosial, uang kematian dan kebutuhan infrastruktur di lingkungan RT misalnya pembuatan lampu penerangan RT dan perawatannya.

Demikian tadi postingan kita kali ini tentang Pengalaman Ikut Selapanan di RT 01 RW 05 Dukuh Weron Desa Tegalharjo Pati, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Kang Mad
Silahkan Tinggalkan Komentar: