Daftar Istilah Sehari-hari Yang Sering Digunakan Masyarakat Desa Tegalharjo Pati Beserta Maknanya - Pasar Online-e Wong Tegalharjo | Pasardesaku
Info off@Info
Daftar Istilah Sehari-hari Yang Sering Digunakan Masyarakat Desa Tegalharjo Pati Beserta Maknanya

Daftar Istilah Sehari-hari Yang Sering Digunakan Masyarakat Desa Tegalharjo Pati Beserta Maknanya

Info off@Info
Pejelasan singkat:
Artikel ini membahas tentang Daftar Istilah Sehari-hari Yang Sering Digunakan Masyarakat Desa Tegalharjo Pati Beserta Maknanya

Deskripsi Produk dan Jasa





pasardesaku.com - Bapak ibu pembaca yang budiman mungkin diantara pembaca ada yang dari luar desa kami Tegalharjo dan lewat tulisan kali ini kami ingin berbagi beberapa istilah yang sering kami gunkana dalam berkomunikasi sehari-hari yang mungkin terdengar asing bahkan belum pernah pembaca dengar sebelumnya lengkap dengan maknanya.

Sebagaimana kita tahu, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan keberagaman yang sangat besar termasuk dalam hal istilah dan bahasa yang digunakan masyakatnya. Jangan se Indonesia, antar pulau, antar kabupaten saja sering kali istilah yang sama bisa berbeda maknanya.

Baik, langsung saja ini dia Daftar Istilah Sehari-hari Yang Sering Digunakan Masyarakat Desa Tegalharjo Pati Beserta Maknanya:


1. Sisik Banggal
Sisik banggal adalah aktifitas mengupas kulit batang tanaman singkong atau ketela pohon menggunakan pisau, arit atau wawal. Kulit ini nantinya digunakan sebagai pakan ternak sapi dan kambing.


2. Mbayong
Mbayong artinya menunggu proses memanen ketela pohon atau singkong, tapi masyakat yang mbayong tidak bertujuan mencabut singkong melainkan memetik daun singkong untuk dijadikan pakan ternak. Mbayong biasanya dilakukan lebih awal dari proses pemanenan singkong. Misal sebuah lahan singkong akan dipanen esok pagi, hari ini menjelang sore atau nanti dini hari masyarakat sudah bersiap mengambil daun singkong untuk pakan ternak.


3. Ngalong
Ngalong adalah tradisi membantu warga yang sedang punya hajatan dari sunatan hingga nikahan. Di beberapa daerah seperti pekalongan, klaten hingga solo kegiatan seperti ini disebut Sinoman.


4. Rewang
Jika Ngalong identik dengan kegitan yang bersifat bahagia, Rewang bermakna sebaliknya membantu warga lain yang sedang mendapat musibah misalnya kematian. Warga Rewang dari pemulasaran jenazah, pemakaman hingga tradisi Tahlilan tujuh hari.


5. Bek
Bek adalah panggilan untuk wanita yang lebih tua, sama dengan sapaan mbak yu atau tante. Namun istilah ini jarang digunakan, di Desa Tegalharjo saja mungkin hanya Dukuh Tegalombo yang menggunakan, Desa tetangga seperti Tanjungrejo atau Gotanjung masih menggunakan istilah panggilan ini.


6. Bakul Tereng
Bakul Tereng adalah orang yang berjualan lauk pauk sayur mayur di desa, biasanya sebelum subuh sudah mangkal di tempat tertentu dan saat pagi jam 6 hingga 9 berkeliling desa menjajakan barang jualannya.


7. Slamper
Slamper adalah nama daun tanaman tebu, slamper yang masih hijau bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternah sapi.


8. Ocek
Ocek adalah nama pekerjaan mengupas kulit singkong, biasanya dikerjakan oleh ibu-ibu sebagai pekerjaan sambilan.


9. Manol
Manol adalah nama pekerjaan mencabut singkong dan mengangkutnya hingga truk. 


10. Nebang
Nebang adalah nama istilah untuk pekerjaan memotong batang tebu hingga mengangkutnya di truk pemuatan.


11. Sedekah Bumi
Sedekah Bumi adalah rangkaian acara tasyakuran hingga pagelaran seni dari wayang kulit hingga ketoprak sebagai wujud atas rejeki selama setahun dan hasil bumi. Biasanya digelar pada Bulan Apit dalam kalender penanggalan Jawa, di daerah lain Sedekah Bumi disebut huga dengan Merti Desa atau Pesta Panen.


12. Mpremo
Mpremo adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pedagang yang hanya jualan saat ada acara besar misalnya Sedekah Bumi, Karnaval, Wayang Kulit, Ketoprak, Dangdut atau Pengajian. Orang yang jualan Mpremo biasanya tidak berjualan setiap hari.


13. 



Baik demikian tadi pembaca yang budiman postingan kami kali ini tentang Daftar Istilah Sehari-hari Yang Sering Digunakan Masyarakat Desa Tegalharjo Pati Beserta Maknanya, akan kami update secara berkala untuk menambah wawasan dan khasanah istilah sobat semua, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Kang Mad
Silahkan Tinggalkan Komentar: