Daftar 11 Tanaman, Rumput dan Dedaunan yang Bisa Dijadikan Pakan Ternak Sapi dan Kambing di Desa - Pasar Online-e Wong Tegalharjo | Pasardesaku
Artikel off@Baca Pertanian Peternakan
Daftar 11 Tanaman, Rumput dan Dedaunan yang Bisa Dijadikan Pakan Ternak Sapi dan Kambing di Desa

Daftar 11 Tanaman, Rumput dan Dedaunan yang Bisa Dijadikan Pakan Ternak Sapi dan Kambing di Desa

Artikel off@Baca Pertanian Peternakan
Pejelasan singkat:
Hijauan adalah bagian tumbuhan yang dijadikan pakan bagi hewan.

Deskripsi Produk dan Jasa

 


Pasardesaku.com - Di tengah ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang, mempunyai kegiatan sampingan yang menghasilkan bisa sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Salah satunya yang biasa dilakukan oleh warga desa adalah memelihara hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Pemeliharaan sapi dan kambing dijadikan semacam tabungan atau celengan sehingga tidak terasa berat, jika sewaktu-waktu butuh dana yang cukup besar bisa dijual.

Hal penting dalam memelihara hewan ternak adalah kecukupan pakan, dengan lingkungan desa yang masih asri dan alami, pakan ternak berupa hijauan daun dan rumput bisa jadi solusi sebagai pakan ternak harian.

Banyak jenis tanaman, rumput dan dedaunan yang bisa dijadikan pakan ternak, sebagian gratis bisa diambil dari alam sebagian lagi perlu persiapan dengan menanam di ladang. Lewat postingan kali ini kami akan berbagi tentang daftar tanaman, rumput dan dedaunan yang bisa dijadikan pakan ternak sapi dan kambing di desa, apa saja? ini daftarnya:


1. Rumput odot
Rumput odot atau gajahan bisa dijadikan pakan ternak, tanaman ini memiliki ciri daunnya mirip tebu namun batangnya lebih kecil dan lunak. Bapak ibu perlu menanamnya terlebih dahulu dan setelah berumur sekitar tiga bulan bisa dipanen untuk pakan sapi dan kambing. Batang yang sudah dipangkas akan tumbuh lagi dan bisa dipanen lagi setelah beberapa bulan, jangan lupa merawatnya dengan membersihkan gulma dan menyiram secara rutin saat musim kemarau.


2. Jerami Padi
Jerami sisa panen padi juga bisa dijadikan pakan untuk sapi, kandungan seratnya banyak sehingga bagus untuk pertumbungan dan daging sapi. Biasanya jerami atau dalam bahasa jawa disebut Dami bisa didapatkan di area persawangan saat musim panen yang setahun bisa tiga kali. 



3. Daun Tebu
Daun tebu atau dalam bahasa jawa disebut Slamper juga cocok untuk pakan ternak, biasanya saat panen tebu daunnya akan dibuang. Bapak ibu yang punya ternak bisa mengambilnya gratis, pilih daun yang masih hijau, untuk mempermudah hewan ternak dalam mengunyah bisa diambil tulang daunnya.



4. Daun Singkong
Saat panen daun singkong tua juga akan dibuang oleh petani, bapak ibu bisa mengambilnya dan dijadikan pakan untuk sapi dan kambing. Khusus sapi daun singkong bisa diberikan langsung setelah dipetik, namun untuk kambing disarankan untuk dijemur terlebih dahulu hingga kering, tujuannya menghilangkan zat racun yang kalau dimakan kambing bisa menyebabkan mendem hingga kematian.

Selain daunnya, batang singkong juga bisa jadi pakan dengan cara di kupas atau disisiki. Bisa diberikan dalam keadaan basah maupun dijemur terlebih dahulu. Pongkol telo juga bisa jadi pakan dengan cara diselep atau digiling jadi tepung dahulu.



5. Daun Jaranan
Pohon jaranan biasanya tumbuh dan jadikan pagar oleh warna, daunnya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak baik sapi maupun kambing.



6. Daun Pisang
Daun pisang selain bermanfaat untuk bungkus makanan juga disukai oleh ternak baik sapi maupun kambing.



7. Daun Jagung
Daun jagung atau tebon yang masih hijau juga sangat disukai ternak, sobat bisa mencari daun ini saat musim panen jagung tiba.



8. Daun Kacang Tanah
Daun kacang tanah dikenal juga dengan Daduk, sangat disukai oleh ternak sapi dan kambing, Gentho atau kacang yang masih muda sisa panen di akar batang kacang juga bisa dijadikan pakan, kandungan proteinnya bagus untuk hewan ternak.



9. Daun Nangka
Daun nangka juga bisa dijadikan pakan ternak, bapak ibu yang punya pohon nangka secara berkala pasti perlu memangkas batang dan daunnya agar tidak terlalu rimbun, nah daunnya jangan dibuang jadikan saja pakan ternak.



10. Daun Bonsai
Tanaman bonsai punya daun kecil-kecil biasa ditemukan sebagai pagar rumah di desa atau hiasan di teras, daunnya bisa jadi pakan kambing lho. Saat sulit mencari rumput bisa dijadikan alternatif.



11. Daun Petet
Petet atau dikenal juga dengan petai lamtoro punya daun yang kecil-kecil sekali, daun ini disukai oleh kambing dan bisa dijadikan salah satu pakan ternak.



Demikian bapak ibu postingan kita kali ini tentang daftar tanaman, rumput dan dedaunan yang bisa dijadikan pakan ternak sapi dan kambing di desa. Pada dasarnya asupan antara hijauan dan protein harus seimbang bagi hewan ternak agar perumbuhannya cepat dan dagingnya banyak. Hindari pakan yang banyak mengandung lemak karena bukannya jadi daging justru akan jadi lemak dan kurang bagus untuk dikonsumsi dagingnya. Semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Kang Mad


===
Ingin beli pakan ternak di Desa Tegalharjo? klik di sini:
Silahkan Tinggalkan Komentar: