Nama-nama Telur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Pasar Online-e Wong Tegalharjo | Pasardesaku
Artikel off@Baca
Nama-nama Telur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Nama-nama Telur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Artikel off@Baca
Pejelasan singkat:
Artikel ini membahas tentang Nama-nama Telur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Deskripsi Produk dan Jasa

 




pasardesaku.com - Di dalam platform pasardesaku kami sudah membuat daftar usaha budidaya ayam petelur di Desa Tegalharjo. Lewat postingan kali ini kami akan membahas tentang Nama-nama Telur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan yang mungkin bapak-ibu pembaca belum tahu.

Apa saja? ini berikut daftarnya:

1.  Telur Angsa
Ukuran telur angsa dua kali lebih besar daripada telur ayam. Selain itu, cangkangnya juga lebih tebal. Telur ini mempunyai kandungan protein tinggi sehingga baik untuk membangun sel-sel tubuh.


2. Telur Puyuh
Telur ini juga sering ditemukan di pasaran. Bentuknya yang kecil pun memiliki rasa ringan. Salah satu nutrisi yang dikandung telur ini adalah vitamin D. Fungsinya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.


3. Telur Kalkun
Cangkang telur kalkun berbintik cokelat dengan ukuran yang besar. Kuning telurnya pun lebih besar. Telur ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan bermanfaat bagi tulang.


4. Telur Ayam
Telur ini dibedakan menjadi dua, yaitu telur cangkang putih dan cokelat. Kedua telur ini berasal dari dua jenis ayam yang berbeda. Bagaimanapun juga, keduanya memiliki manfaat yang serupa, seperti menjaga perkembangan otak


5. Telur Bebek
Telur ini bercangkang lebih tebal dari ayam. Selain itu, telur bebek juga bisa disimpan lebih lama. Telur ini memiliki berbagai nutrisi, seperti zat besi dan protein yang baik untuk tulang


6. Telur Ayam Mutiara
Berbeda dengan ayam kebanyakan, ayam mutiara sejatinya mirip dengan kalkun. Telurnya pun bercangkang tebal. Selain itu, kuning telurnya juga lebih banyak. Berbagai kandungan mineral dalam telur ini berfungsi untuk membantu proses metabolisme.


7. Telur Emu
Emu merupakan hewan mirip dengan burung unta. Meskipun kurang dikenal di Indonesia, telurnya sangat terkenal di Australia. Telur ini memiliki kolesterol baik yang berfungsi untuk mencegah penyempitan pembuluh darah.


8. Kaviar
Kaviar adalah telur ikan yang diawetkan menggunakan garam. Kaviar pun menjadi salah satu makanan mewah karena memiliki harga yang mahal. Selain itu, kaviar juga kaya antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas.


9. Telur Hilsa
Hilsa adalah ikan dari Bangladesh. Telurnya pun populer di sana meskipun kurang dikenal di Indonesia. Telur hilsa mengandung omega 3 yang berguna untuk mencegah penggumpalan darah.


10. Telur Lehor
Telur lehor adalah nama lain telur ayam kampung, ayam yang biasa dipelihara oleh masyarakat desa dengan sistem umbaran. Jika malam akan berkumpul di kandang belakang rumah dan jika siang akan berkeliaran di pekarangan rumah.

Umumnya ayam lehor mencari makan sendiri, namun pemilik sesekali akan memberi makan dengan sisa nasi, karak atau nasi aking dan dedak.

Telur ayam lehor berukuran lebih kecil daripada telur ayam horn atau negeri, kulit berwarna putih. Dari cita rasa lebih nikmat saat diolah karena lebih alami.


Telur merupakan salah satu makanan yang banyak digemari. Makanan tinggi protein ini bahkan menjadi menu wajib di setiap restoran untuk sarapan. Tapi, tahukah kamu kalau telur mempunyai istilah yang berbeda-beda sesuai dengan cara pengolahannya?



1. Hard boiled egg 
Hard boiled egg atau yang lebih merakyat dengan nama telur rebus ini merupakan telur yang sering kamu jumpai pada olahan makanan. Telur rebus ini memiliki bentuk bulat sempurna dan matang sepenuhnya. 


2. Soft boiled egg
Jika kamu tidak menyukai telur rebus yang matang sempurna, kamu bisa mencari istilah soft boiled egg pada daftar menu. Telur yang satu ini memiliki kuning telur yang matang sebagian sesuai namanya. 


3. Poached egg
Memiliki bentuk yang sama dengan soft boiled egg, poached egg memiliki teknik yang berbeda pada proses pembuatannya. Untuk membuat telur rebus yang satu ini koki harus melepaskan kulitnya terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam air mendidih.


4. Hard scrambled
Scramble egg dapat diartikan sebagai telur orak-arik. Sesuai namanya, dalam proses pembuatannya telur ini diorak-arik di atas wajan atau teflon hingga matang sempurna. Untuk mendapatkan rasa scramble egg yang sempurna, seorang koki tidak akan memasaknya terlalu lama.


5. Soft scrambled
Saat kamu membaca istilah ini, kamu bisa membayangkan telur yang diorak-arik setengah matang. Rasanya yang creamy menjadikan soft scrambled menu andalan beberapa restoran.


6. Omelette
Omelette adalah telur dadar yang diberi potongan sayur dengan berbagai daging olahan. Olahan telur yang satu ini sering menjadi pilihan karena porsinya yang mengenyangkan.


7. Sunny side up
Sesuai namanya, sunny side up adalah telur yang diceplok seperti matahari. Sunny side up juga sering disebut telur mata sapi.




Sumber:



===
Ingin beli telur di Desa Tegalharjo? klik di sini:
Silahkan Tinggalkan Komentar: