Daftar Grup Ketoprak Asal Kabupaten Pati yang Biasa Ditanggap Saat Sedekah Bumi - Pasar Online-e Wong Tegalharjo | Pasardesaku
Artikel off@Baca
Daftar Grup Ketoprak Asal Kabupaten Pati yang Biasa Ditanggap Saat Sedekah Bumi

Daftar Grup Ketoprak Asal Kabupaten Pati yang Biasa Ditanggap Saat Sedekah Bumi

Artikel off@Baca
Pejelasan singkat:
Ketoprak adalah seni pentas berasal dari Kota Surakarta, Jawa Tengah sudah ada sejak era Amangkurat I, raja pertama Kesunanan Surakarta Hadiningrat.

Deskripsi Produk dan Jasa

 




Pasardesaku.com - Kabupaten Pati selain dikenal dengan kuliner khasnya yaitu nasi gandul juga terkenal dengan keseniannya yaitu Ketoprak. Dalam setahun banyak sekali momen warga bisa menikmati pagelaran ketoprak sebagai hiburan salah satunya adalah ketika Sedekah Bumi atau dikenal juga sebagai Merti Desa atau Pesta Panen.

Sedekah bumi umumnya digelar pada bulan Apit dalam kalender jawa, namun ada pula yang menggelarnya di bulan Syawal misalnya di daerah Juwana dan Tayu yang namanya Sedekah Laut.

Baik sedekah bumi maupun sedekah laut adalah cara masyarakat bersyukur atas rejeki yang telah diberikan dalam setahun terakhir dari hasil bumi berupa pertanian dan ikan dari laut. 

Banyak pagelaran kesenian budaya yang digelar dari Barongan, Tongtek, Dangdut dan yang paling sering adalah Wayang Kulit dan Ketoprak. Banyaknya pagelaran yang digelar membuat banyak pula grup-grup ketoprak yang lahir di Kabupaten Pati, baik yang sudah ada sejak dahulu kala atau yang baru terbentuk beberapa tahun terakhir.

Lewat postingan ini kami akan hadirkan informasi tentang Daftar Grup Ketoprak Asal Kabupaten Pati yang Biasa Ditanggap Saat Sedekah Bumi. Apa saja? ini daftarnya:


1. Ketoprak Siswo Budoyo Pati

2. Ketoprak Laras Budoyo

3. Ketoprak Kembang Joyo

4. Ketoprak Kancil Joyo

5. Ketoprak Risma Kuncoro

6. Ketoprak Bhakti Kuncoro

7. Ketoprak Minto Budoyo

8. Ketoprak Wahyu Manggolo

9. Ketoprak Agung Budoyo

10. Ketoprak Cokro Manggolo

11. Ketoprak Dutho Budaya

12. Ketoprak Wahyu Budoyo

13. Ketoprak Wahyu Kencono

14. Ketoprak Anggoro Budoyo

15. Ketoprak Mustiko Budoyo

16. Ketoprak Langen Marsudi Budoyo

17. Ketoprak Kridho Carito

18. Ketoprak Dramasoka Cak Percil

19. Ketoprak Wahyu Manunggal Ucil 

20. Ketoprak Setyo Budoyo

21. Ketoprak Wahyu Mustiko


Untuk harga tanggapan sekali manggung grup ketoprak sangat bervariasi karena akan ditentukan oleh ketenaran, apakah hanya siang saja, malam saja atau siang malam. Misalnya untuk tanggapan paket siang malam dengan istilah borongan atau panitia tidak perlu menyediakan konsumsi harga tanggapan sekitar 25 juta rupiah.

Kethoprak adalah kesenian rakyat yang komplit, karena dalam kethoprak memuat berbagaiunsur kesenian lainnya. Dalam suatu pementasan kethoprak didalamnya ada unsure karawitan, tari, dagelan, tembang, tata artistik bahkan seni peran berkolaborasi untuk memainkan sebuah lakon.

Ketoprak adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Kota Surakarta, Jawa Tengah yang sudah ada sejak era Amangkurat I, raja pertama Kesunanan Surakarta Hadiningrat. 

Demikian bapak ibu pembaca yang budiman, postingan kami kali ini tentang Daftar Grup Ketoprak Asal Kabupaten Pati yang Biasa Ditanggap Saat Sedekah Bumi, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Kang Mad
Silahkan Tinggalkan Komentar: